Rabu, 16 Juli 2014

Clutch Sebagai Pemindah Tenaga Mekanis

Clutch merupakan suatu komponen penghubung dalam rangkaian penerusan tenaga (power train) pada suatu kendaraan. Clutch terletak diantara engine dan transmisi bertindak sebagai penghubung ataupun pemutus daya/putaran dari engine ke transmisi.

1. Diesel Engine
2. Main Clutch
3. U-Joint
4. Transmission
5. Steering Clutch
6. Steering Brake
7. Final Drive
P1. Hydraulic Pump
P2. Steering Pump



Fungsi clutch :
  • Meneruskan / memutuskan tenaga dari engine ke transmisi sehingga memungkinkan kendaraan untuk bergerak / berjalan ataupun berhenti.
  • Untuk mempermudah ketika melakukan perpindahan kecepatan (Shifting transmisi) dan juga ketika perlambatan / pengereman.
  • Untuk memungkinkan kendaraan berhenti tanpa harus mematikan engine sementara gigi transmisi tetap terpasang / masuk.
  • Clutch sebagai bagian dari suatu sistem power train banyak digunakan dikendaraan, kecuali beberapa jenis kendaraan yang sistem power trainnya menggunakan type hydraulic.
  • Berkaitan dengan fungsinya dalam suatu sistem power train, clutch harus dapat memenuhi persyaratan tertentu agar kendaraan dapat bergerak / berjalan dengan baik dan pengoperasiannya juga tidak menyusahkan operator.
Persyaratan untuk clutch.
  • Harus bisa menghubungkan dan memutuskan ( engaged / disengaged ) dengan baik, sehingga memungkinkan untuk meneruskan ataupun memutuskan tenaga   dari engine ke transmisi.
  • Harus memiliki torque transmitting capacity  ( kemampuan meneruskan tenaga ) yang cukup dan kemampuan tidak boleh menurun akibat naiknya temperatur   kerja.
  • Harus bisa melepaskan / memindahkan panas yang timbul dengan baik dan tidak terpengaruh oleh kenaikan temperatur.
Keuntungan penggunaan clutch.
  • Konstruksinya sederhana.
  • Harganya tidak terlalu mahal.
  • Effisiensi lebih tinggi ( lebih kurang 95 % ).
  • Maintenance / perawatan lebih mudah. Kemungkinan timbulnya masalah karena adanya kebocoran oli lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar