Minggu, 18 November 2018

KLASIFIKASI BEARING


BEARING ATAU BANTALAN

1.1. Pengertian Bearing
Bearing atau bantalan  adalah elemen mesin yang berfungsi untuk menumpu poros, supaya putaran atau gerakan poros dapat berlangsung dengan baik dan aman, juga untuk memperkecil kerugian daya akibat gesekan. Bearing harus kuat dan kokoh untuk menahan gaya yang terjadi pada poros. Jika bearing tidak berfungsi dengan baik maka kerja seluruh sistem akan menurun atau mesintidak dapat bekerja sebagaimana semestinya. Konstruksi antara poros dengan bearing dapat dilihat pada Gambar 1.1 sedangkan kedudukan bearing dalam sebuah mesin dapat dilihat pada Gambar1.2


Gambar 1.1 Konstruksi poros dengan bearing               

Gambar 1.2 Bearing sebagai penyangga poros pada sebuah reducer

1.2. Klasifikasi Bearing
Bearing secara garis besarnya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu : Journal Bearing dan Rolling Bearing.


1.      Journal Bearing (Bantalan Luncur)
Pada bearing ini terjadi gesekan luncur antara poros dan bearing, karena permukaan poros yang berputar bersentuan langsung dengan bearing yang diam. Lapisan minyak pelumas sangat diperlukan untuk memperkecil gaya gesek dan temperatur yang timbul akibat gesekan tersebut.
                  
Gambar 1.3 Small bearing : a. dry sliding,  b. Sintered bearing


         
   Gambar 1.4 Journal Bearing dan ketebalan minyak pelumasnya


2.      Rolling Bearing (Bantalan Gelinding)

Pada bearing ini terjadi gesekan gelinding antara bagian yang berputar dengan bagian yang diam pada bearing, bagian yang berputar tersebut adalah : bola, silinder dan jarum, antara poros dan bearing tidak terjadi gesekan.
      



Gambar 1.5. Rolling bearing (ball bearing dan roller bearing)

Gambar 1.5. Rolling bearing (needle)


Gambar 1.6. Bearing terpasang pada mesin sepeda motor
1.2.1. Macam-macam Journal Bearing
            Journal Bearing dapat diklasifikasikan menurut bentuk dan letak bagian poros yang ditumpu.
1.  Bearing Radial, bentuk bearingnya : silinder, belahan silinder dan elips, dapat dilihat pada Gambar 1.5a, 1.5b, 1.5 e dan 1.5f
2.  Bearing Aksial , bentuk bearingnya : engsel dan kerah, dapat dilihat pada Gambar 1.5c dan 1.5d
3. Bearing Khusus, bearing yang dipergunakan untuk keperluan khusus, seperti pada poros turbin air, sebagaimana ditunjukkan oleh Gambar 1.6
         
Gambar 1.7.  Macam-macam Journal bearing
a.       Bearing Radial polos                                      d. Bearing aksial
b.      Bearing Radial Brkerah                                  e. Bearing Radial ujung
c.       Bearing Aksial berkerah                                 f. Bearing Radial tengah



Gambar 1.8.  Thrust bearing pada turbin air
1.2.2. Macam-macam Rolling Bearing
1.2.2.1. Ball Bearing (bantalan gelinding bola)
      1. Radial Ball Bearing (bantalan gelinding bola radial)
            - Deep Groove Ball Bearing
      Semula bearing ini dimaksudkan untuk menahan beban radial, tetapi dengan adanya alur yang dalam, sehingga penempatan bolanya dapat lebih dalam, maka ternyata sanggup juga menerima beban aksial (thrust). Kemampuan menerima beban aksial dapat mencapai 70 % dari beban radialnya.


Gambar 1.9. Tipe-tipe Radial Ball Bearing dan beberapa karakteristik yang penting
            - Self Aligning Internal dan Self Aligning External Ball Bearing.
      Bearing ini mempunyai kemampuan menyesuaikan diri bila terjadi ketidaksesuaian atau ketidaksenteran antara sumbu poros dengan sumbu bearing akibat adanya defleksi poros atau perubahan pondasi.
            - Double Raw Ball Bearing
              Bearing ini mempunyai bola dua deret, yang bertujuan menaikkan kemampuan untuk mendukung beban radial maupun aksial.
2. Angullar Contact Ball Bearing (bantalan gelinding bola radial kontak menyudut)
              Bearing ini secara umum mempunyai dua kategori yaitu dengan kemampuan menerima beban aksial satu arah saja, dan kemampuan menerima beban aksial dua arah. ( One directional and two directional angular contact ball bearing)

       

Gambar 1.10. Tipe-tipe Angular Contac Ball Bearing dan beberapa karakteristik yang
                        penting

3. Thrust Ball Bearing (bantalan gelinding bola aksial).
          - One directional flat race
          - One directional grooved race

1.2.2.2. Roller Bearing (bantalan gelinding dengan rol)
Bearing dengan rol ini, mempunyai kegunaan yang sama seperti bearing dengan bola, tetapi bearing ini dapat menerima beban radial yang lebih besar (dalam ukuran yang sama). Hal ini dimungkinkan karena kontak antara rol dengan ring lebih besar yaitu berupa garis, tidak berupa titik seperti pada ball bearing.
Sebagian besar dari jenis ini, tidak dapat menerima beban aksial, kecuali bearing dengan rol bola (spherical) dan rol turus (taper).  Tipe bearing ini dibagi dalam 4 jenis, yaitu :
      1. Cylindrical Roller Bearing (bearing gelinding rol silinder)
      2. Needle Roller Bearing (bearing gelinding rol jarum)
      3. Tapered Roller Bearing (bearing gelinding rol tirus)
      4. Spherical Roller Bearing (bearing gelinding rol lengkung)

                Cylindrical Roller Bearing masih dibagi lagi menjadi beberapa tipe seperti terlihat pada Gambar 1.9. Bearing ini tersedia di pasar secara luas dengan berbagai macam diameter lubang, dan mempunyai perbandingan panjang dan diameter silindernya 1:1 sampai dengan 3:1 Bagian luar dari silinder (permukaan) sering kali dilapisi, untuk menambah kemampuan menerima beban.
                Needle Roller Bearing hampir sama seperti Cylindrical Roller Bearing , dan juga dapat menerima beban radial yang cukup besar, bedanya adalah perbandingan panjang dan diameter rolnya sangat besar, serta ukuran rol-nya kecil. Bearing ini dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok :
-          Bearing dengan rol-nya berada dalam sangkar (cage), dapat beroperasi dengan baik pada putaran tinggi
-          Bearing dengan rol-nya tidak berada dalam sangkar.
Dapat memuat rol yang lebih banyak, sehingga mampu menerima beban yang lebih besar.
          Sistem pelumasan bearing ini biasanya dengan fet / gemuk (grease), tetapi untuk beban yang besar dan putran tinggi sebaiknya dipakai sistem pelumasan oli untuk menghindari kerusakan lebih awal.




   
Gambar 1.11. Tipe-tipe Cylindrical Roller Bearing dan beberapa karakteristik yang
                              penting


Gambar 1.12. Tipe-tipe Tapered Roller Bearing dan beberapa karakteristik yang
                              penting

                Bearing jenis ini direncanakan untuk dapat menerima beban radial yang besar, atau beban aksial yang besa, atau kombinasi beban radial dan beban aksial yang besar, dalam putar menengah sampai putaran yang tinggi. Bearing ini mempunyai satu deret rol tirus  yang dipaki untuk menerima beban aksial dalam satu arah, dengan demikian bila beban aksial dua arah, maka harus ditambah satu bearing tirus lagi dengan pemasangan berlawanan arah. Atau dapat pula langsung digunakan bearing tirus dengan dua deret rol atau empat deret rol.

Gambar 1.13. Tipe-tipe Needle Roller Bearing dan beberapa karakteristik penting



Gambar 1.14. Tipe-tipe Spherical Roller Bearing dan beberapa karakteristik penting
                Spherical Roller Bearing ada yang mempunyai satu deret rol, dua deret rol, mampu menerima beban aksial yang cukup besar. Karakter yang penting dari tipe bearing ini adalah terutama dapat mengadakan penyesuaian sendiri ketidak senteran atau defleksi dari sumbu porosnya (self aligning). Bearing jenis ”single row thrusi” terutama digunakan pada kondisi dimana beban aksialnya lebih dominan.

Gambar 1.15. Macam-macam Rolling Bearing
1.2.3 Perbandingan Journal Bearing dan Rolling Bearing
1. Journal Bearing
Pada bearing ini terjadi gesekan luncur antara poros dan permukaan bearing bagian dalam. Karena gesekannya yang besar terutama pada saat mulai jalan, maka bearing luncur memerlukan momen awal yang besar. Untuk memperkecil gesekan, panas yang timbul dan kerugian daya yang terjadi maka diperlukan pelumasan. Pelumasan juga berfungsi sebagai peredam tumbukan dan getaran. Pelumasan pada bearing ini lebih komplek dari pada pelumasan pada bearing gelinding. Bila panas yang timbul masih terlalu tinggi maka diperlukan pendinginan khusus.
Bearing ini sangat cocok dipakai untuk beban besar, putaran rendah. Bearing ini sederhana konstruksinya dan dapat dibuat serta dipasang dengan mudah. Tingkat ketelitian yang diperlukan tidak setinggi Rolling Bearing sehingga harganya dapat lebih murah.
 2. Rolling Bearing
Pada bearing ini terjadi gesekan gelinding antara bagian yang berputar dengan yang diam melalui elemen gelinding yang berbentuk bola atau peluru, rol atau rol jarum dan rol bulat. Rolling Bearing pada umumnya lebih cocok untuk beban kecil putaran tinggi, tergantung pada bentuk elemen gelindingnya. Putaran pada bantalan ini dibatasi oleh gaya sentrifugal yang timbul pada elemen gelinding tersebut. Karena konstruksinya yang kompleks dan ketelitiannya yang tinggi, maka Rolling Bearing hanya dapat dibuat oleh pabrik-pabrik tertentu saja. Harganya pada umumnya lebih mahal daripada Journal Bearing. Untuk menekan biaya pembuatan serta memudahkan pemakaian, Rolling Bearing diproduksi menurut standar tertentu dengan berbagai ukuran dan bentuk.
Keunggulan bearing ini adalah  gesekannya yang sangat rendah dan pelumasannya sangat sederhana, cukup dengan gemuk, bahkan pada bearing tertentu yang memakai seal sendiri tak perlu pelumasan lagi. Meskipun ketelitiannya sangat tinggi, namun karena adanya gerakan elemen gelinding dan sangkar, maka pada putaran tinggi bearing ini agak gaduh dibandingkan dengan Journal Bearing.



1.3.  Tata Nama (Nomencelature) dan Komponen-komponen Bearing
Berikut ini akan ditunjukkan tatanama dan komponen-komponen bearing.  Pada Jounal bearing, dikenal : radius of journal (rj), radius of bearing (rb), radial clearance (c) dan bearing lenght (L)

     

Gambar 1.16. Tata nama Journal Bearing


Gambar 1.17. Tata nama Ball Bearing
    
Gambar 1.18 : Tata nama Ball Bearing dan gambar sketnya
Pada rolling bearing, komponen rolling ( ball atau roller) dipasang diantara cincin luar dan cincin dalam. Dengan memutar salah satu cincin tersebut, ball atau roller akan membuat gerakan gelinding (rolling) sehingga gesekan diantaranya akan jauh lebih kecil, pembuatannya butuh ketelitian tinggi.


Gambar 1.19 : Tata nama Tapered Roller Bearing

1.4.  Gesekan dan Prediksi Umur Rolling Bearing

1.4.1. Gesekan pada Rolling Bearing
            Walaupun Rolling Bearing disebut bearing anti gesekan (anti friction bearing), tetapi karena adanya beban dan putaran, akan timbul gesekan diantara komponen bearing, yaitu : ring luar, bola atau rol, dan ring dalamnya. Koefisien gesek (f) dapat dilihat pada Tabel 1.1 yang didasarkan atas tipe bearingnya, serta kondisinya, dan koefisien gesek ini dihasilkan dari penelitin yang bertahun-tahun.

Tabel 1.1. Harga rata-rata koefisien gesek pada bearing
No
Tipe Bearing
Start
Selama Berputar
Radial
Aksial
Radial
Aksial
1
Ball Bearing
0,0025
0,0060
0,0015
0,0040
2
Spherical Roller Bearing
0,0030
0,1200
0,0018
0,0080
3
Cylindrical Roller Bearing
0,0020
---
0,0011
---

(Sumber : Deutschman, 1975 : 482)

Akibat adanya gesekan ini, akan menyebabkan kehilangan daya, secara pendekatan kehilangan daya tersebut dapat dihitung dengan rumus : (Deutschman, 1975 : 482)

                                                                                   (1-1)
dimana :          fHP = Daya yang hilang karena gesekan, HP
                        Tf = Torsi akibat gesekan, lbf.in
                        Fr = Gaya radial pada bearing, lbf
                        f = Koefisien gesek ( Tabel 1.1)

1.4.2. Prediksi Umur Bearing
            Dengan asumsi putaran konstan, maka prediksi umur bearing (dinyatakan dalam jam) dapat ditulis dengan persamaan :

   
dimana :
L10h = Umur bearing, jam-kerja
C   = Beban dinamis ( dapat dilihat dari table) ,lbf
n   = putaran poros, rpm
P   = Beban Ekivalen (eqivalent load)
           
            Sesuai dengan definisi dari AFBMA (Anti Friction Bearing Manufacturers Association) yang dimaksud dengan beban eqivalen adalah beban radial yang konstan yang bekerja pada bearing dengan ring dalam yang berputar / ring dalam yang berputar, yang akan memberikan umur yang sama, seperti bila bearing bekerja dengan kondisi nyata untuk beban dan putaran yang sama.
            Dalam kenyataannya bearing biasanya menerima beban kombinasi antara beban radial dan beban aksial, serta pada suatu kondisi ring dalam yang tetap sedangkan ring luarnya yang berputar. Sehingga persamaan beban eqivalen (P) setelah adanya koreksi tersebut, menjadi :

P = V.X.Fr + Y.Fa                                                                                           (1-3)
Dimana :
            P  = beban ekivalen, lbf
            Fr = beban radial, lbf
            Fa = beban aksial, lbf
            V  = faktor putaran (konstan) bernilai : 
                 = 1,0 untuk ring dalam berputar
                 = 1,2 untuk ring luar yang berputar
            X = konstanta radial (dari tabel, dapat dilihat pada lampiran)
            Y = konstanta aksial (dari tabel, dapat dilihat pada lampiran)

Cara memilih harga X dan Y dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Cari terlebih dahulu harga : i.Fa/Co
      i = jumlah deret bearing
     
  1. Kemudian dari harga ini, ditarik garis ke kanan sampai pada kolom e , sehingga didapat harga e.
  2. Cari harga  : Fa/(V.Fr) , dan bandingkan dengan harga e , akan diperoleh kemungkinan : Fa/(V.Fr) < e  atau  Fa/(V.Fr) = e  atau  Fa/(V.Fr) > e.
  3. Dari perbandingan harga tersebut, maka akan didapatkan harga X dan Y dari kolom :   Fa/(V.Fr) £  e  atau  Fa/(V.Fr) > e. Khusus untuk deret satu (single row bearing) , bila harga Fa/(V.Fr) £ e  , maka X = 1 dan Y = 0.
  4. Dapat dibantu dengan Interpolasi atau Extrapolasi.
                                          
Bila faktor beban kejut dimasukkan maka persamaan 11-3 akan menjadi :
            P =  Fs (V.X.Fr + Y.Fa)                                                                                   (1-4)
Dimana : Fs = konstanta kondisi beban, dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
 
   Tabel 1.2. Ball bearing service factors, Fs
No
Type of service
Multiply calculated load by following factors
Ball Bearing
Roller Bearing
1
Uniform and steady load
1,0
1,0
2
Light shock load
1,5
1,0
3
Moderate shock load
2,0
1,3
4
Heavy shock load
2,5
1,7
5
Extreme and indefinite shock load
3,0
2,0

Contoh :
     Suatu bantalan tipe : “ Single row deep groove ball bearing “ dengan seri dimensi 03 AFBMA. Diameter dalam ( bore ) 45 mm. Menerima beban aksial 1250 lbf dan beban radial 1890 lbf. Kondisi pembebanan rata ( steady ) dengan ring dalam berputar. Bila putaran poros, n = 1600 rpm, maka hitunglah / rencanakan :
a.       Beban Ekivalen, P  dan Umur bantalan.
b.      Bila dirubah kondisinya menjadi : beban kejut ringan dan ring luar yang berputar maka hitunglah umur bantalan
1.5. Pemasangan dan Pelepasan Bearing (Mounting and Dismounting)      
            Ketrampilan dan kebersihan ketika pemasangan bearing, adalah syarat awal untuk menjamin bearing tidak rusak lebih awal. Pemasangan seharusnya pada kondisi bebas debu, pada ruangan yang kering dan bebas dari sisa-sisa logam bekas proses produksi. Juga penting bahwa bearing yang akan dipasang pada kondisi masih dalam kemasan, belum terbuka, untuk menjaga agar bearing tidak kotor.

1.5.1. Pemasangan / Mounting
Sangat penting untuk diketahui bahwa cincin bearing jangan sampai menerima beban yang berat secara langsung ketika pemasangan, hal ini akan menyebabkan kerusakan. Sebelum pemasangan sebaiknya diberi pelumas oil atau grease pada permukaan bearing atu poros.

1.5.1.1. Bearing with Cylindrical Bore
            Bearing dipasang terlebih dahulu pada poros secara hati-hati dan dengan permukaan yang rata dan tegak lurus dengan subu poros. Kemudian cincin pelepas dipasang pada bearing. Untuk bearing-bearing yang kecil pemasangannya dapat dilakukan dengan palu kecil untuk memasukkan bearing. Yang perlu diperhatikan adalah memberi penekanan secara merata pada permukaan bearing untuk menghindari kemiringan pemasangan. Untuk pemasangan dengan jumlah yang besar sebaiknya menggunakan alat Bantu mekanik atau dengan mesin tekan hidrolis.
                                                     

Gambar 1.20. Pemasangan bearing-kecil
                                   

    
Gambar 1.21 Pemasangan bearing dengan alat bantu mekanik dan hidrolis

            Pada bearing yang besar, dengan suaian paksa, maka akan diperlukan gaya yang sangat besar untuk memasang bearing pada porosnya. Oleh karena itu biasanya dilakukan dengan pemanasan pada cincin-bearing atau komponan yang lain sebelum dipasang, temperatur pemanasan sebaikknya tidak melebihi 120 oC.

1.5.1.2. Bearing With Taper Bore
                  Bearing ini mempunyai diameter bore yang mengecel atau ada pengecilan diameter-dalam (reduction), disamping itu dalam pemasangannya juga ada toleransinya. Toleransi dan pengecilan diameter lubang dalat dilihat pada table di bawah ini.

Tabel 1.3. Pengecilan diameter-dalam dan clearance pada spherical roller bearing (mm)

Tabel 1.4. Pengecilan diameter-dalam dan clearance pada spherical roller bearing (in)

1.5.2. Pelepasan (Dismounting)
            Jika bearing akan dipakai lagi setelah dilepaskan, maka pelepasannya harus lebih berhati-hati, gaya pelepasan harus diberikan pada bagian bearing yang berputar (rolling elements). Sebaiknya peralatan yang digunakan harus sesuai seperti : traker / bearing puller (tie rods, adjustable arms), hidrolis , dan dengan alat pemanas.
     
Gambar 1.22. Traker dan alat pemanas pelepas bearing
1.6. Sebab-sebab Kerusakan Bearing

            Seperti telah dijelaskan di depan bahwa Rolling Bearing berputar bersama poros sambil menahan beban / gaya. Bearing akan berakhir setelah mencapai batas putaran tertentu, dengan lelahnya material. Namun bisa juga akan berakhir lebih cepat, bila pelumasannya tidak baik, pemasangan dan pemakaian yang tidak tepat.
            Kerusakan Rolling Bearing biasanya akan terdeteksi lewat : getaran, suara, temperatur dan sebagainya. Bila muncul suara yang tidak semestinya, suhu naik dan getaran juga tidak semestinga, sebaiknya dilakukan pengecekan untuk mencari penyebabnya. Ini pekerjaan yang tidak mudah, selain membutuhkan peralatan yang baik juga memerlukan keahlian yang memadai. Pemeriksaan ini perlu dilakukan untuk mencegah agar tidak terjadi kerusakan yang lebih besar. Sebab-sebab kerusakan bearing dapat diuraikan secara singkat seperti di bawah ini :

1.6.1. Kelelahan / Fatique
Setiap Rolling Bearing akan berputar sambil sambil menahan beban sampai jumlah putaran tertentu atau sampai dengan jam kerja tertentu. Bila sampai melewati batas tertentu tersebut, maka material / komponen bearing akan mengalami kelelahan atau fatique. Kelelahan ini biasanya terjadi pada : inner ring, outer ring, ball / roller dan cage). Kerusakan akibat kelelahan dapat dikelompokkan menjadi :
a. Clasical Fatique
b. Fatique yang disebabkan oleh adanya partikel yang ikut berputar
c. Fatique karena pemakaian
d. Fatique karena kurang pelumasan.

                                    

Gambar 1.23. Retak pada inner-ring karena fatique (deep-groove ball bearing)
                              

 Gambar 1.24. Pitting pada inner-ring karena fatique (deep-groove ball bearing)

                               


 Gambar 1.25. Advanced flaking pada inner-ring karena fatique (cylindrical roller bearing)
                   
Gambar 1.26. Kerusakan fatique karena penekanan partikel dari luar
1.6.2. Kerusakan karena Korosi
            Korosi pada bearing dapat disebabkan karena adanya : air (kondensasi) , atau lingkungan yang lembab atau lingkungan yang terlalu asam atau mungkin minyak pelumas yang keasamannya sudah tinggi.  Kerusakan karena korosi bisa terjadi sejak bearing sebelum dipasang, hal ini bisa terjadi karena penyimpanan yang kurang baik. Bila bearing disimpan pada suhu 18 – 20 oC , maka kelembabannya jangan melebihi 55 %.
(a)

                                                                             ( b )

Gambar 1.27.  Kerusakan karena Korosi
(a) Outer ring bearing, (b) Cone pada tapered roller bearing

1.6.3. Kerusakan karena Kesalahan Pemasangan
            Pemasangan yang kurang baik akan mengakibatkan ketidaksenteran antara bearing dengan poros,  atau kerusakan karena adanya gaya lokal pada saat pemasangan. Kerusakan yang bisa terjadi antara lain adalah : kerusakan pada lintasan bola, kerusakan over heating pada inner ring, tergerusnya pada permukaan tertentu, dan lain-lain.
                                  
                             Gambar 1.28. Pemasangan yang kurang baik, bisa menyebabkan retak.
1.6.4. Kerusakan karena Kurang pelumasan
            Lebih dari 50 % kerusakan pada bearing disebabkan karena pelumasan yang kurang baik, dan akan menyebabkan umur bearing menjadi lebih pendek, karena terjadi kelelahan yang lebih awal.

                                                                                                                                                                                                                
Gambar 1.29. Kurang pelumasan dapat menyebabkan rusak lebih awal
                        
                  
1.7. Pemilihan dan Penggunaan Rolling Bearing
Rolling Bearing atau Bantalan Gelinding mempunyai keuntungan dari gesekan gelinding yang sangat kecil dibandingkan dengan bantalan luncur. Elemen gelinding seperti bola atau rol, dipasang diantara cincin luar dan cincin dalam. Dengan memutar salah satu cincin tersebut, bola atau rol akan membuat gerakan gelinding sehingga gesekan diantaranya akan jauh lebih kecil.
Bantalan gelinding dapat diklasifikasikan atas bantalan radial dan bantalan aksial. Menuru bentuk elemen gelindingnya dapat pula dibagi atas bantalan bola dan bantalan rol. Demikian pula dapat dibedakan menurut banyaknya baris dan kontruksi dalamnya. Bantalan yang cincin dalam dan cincin luarnya dapat saling dipisahkan disebut macam pisah.
Menurut pemakaiannya dapat digolongkan bantalan otomobil, bantalan mesin dan bantalan instrumen. Bantalan gelinding biasanya dalam ukuran metris (mm) dan ukuran British (inch). Pemilihan atau penggunaan bantalan gelinding dapat diuraikan sebagai berikut :
1.7.1. Pemilihan Bearing / Bantaran

1. Ball Bearing / Bantalan bola
Bantalan bola mampu menerima beban radial (tegak lurus sumbu poros), tetapi kurang mampu  menerima tekanan axial (sejajar sumbu poros).

2. Bantalan bola radial alur dalam baris tunggal
Dirancang untuk menumpu gaya radial dan dapat menumpu gaya aksial kecil saja, alur dapat di perdalam untuk memperbesar kemampuan menumpu gaya aksial, tetapi biasanya mengurangi kemampuan menumpu gaya radial.

3. Bantalan bola mapan sendiri baris ganda
Bantalan ini dirancang seperti halnya bantalan bola alur tunggal tetapi dapat menumpu gaya radial yang lebih besar. Alur dibuat pada ring dudukan yang dapat menumpu beban aksial. Bantalan bola umumnya digunakan pada beban-beban radial yang besar seperti pada alternator, transmisi, kemudi, poros roda belakang, hub roda depan dan sebagainya.

4. Bantalan rol jarum
Bantalan ini memungkinkan untuk menumpu gaya radial yang lebih besar dibandingkan bantalan bola. Rol-rol dapat berbentuk lurus atau terbentuk seperti silinder, atau jarum.

5. Bantalan Rol Tirus
      Bantalan ini umum digunakan karena dapat menumpu gaya radial dan aksial yang besar. Rol dan alurnya juga berbentuk tirus, sebagaimana ditunjukan oleh gambar di bawah ini.


Gambar 1.30. Bantalan Rol Tirus

7. Bantalan Bola Tirus dan Lengkung
Pada bantalan ini kedua ringnya berbeda bentuk. Satunya lengkung dan lainnya tirus. Ketika bantalan dirangkai, bagian permukaan tirus berlawanan dengan permukaan yang lengkung. Bantalan ini harus digunakan berpasangan, dan mereka akan menerima beban-beban radial dan aksial.

1.7.2. Sifat Bantalan Gelinding.
1. Sifat membawa beban aksial
Bantalan radial mempunyai sudut kontak yang besar antara elemen gelinding dan cincinnya, dapat menerima sedikit beban aksial. Bantalan bola macam alur dalam, bantalan bola kontak sudut dan bantalan kerucut merupakan macam bantalan yang akan dibebani dengan gaya aksial kecil.

2. Sifat terhadap putaran.
Bantalan bola alur dalam dan bantalan bola sudut serta bantalan rol silinder pada umumnya dipakai untuk putaran tinggi. Bantalan rol dipakai untuk putaran sedang, dan bantalan aksial untuk putaran rendah.

3. Sifat gesekan
Bantalan bola mempunyai gesekan yang relatif kecil diabndingkan dengan bantalan macam lain. Untuk alat-alat ukur, gesekan bantalan merupakan hal yang menentukan ketelitian.
4. Sifat dalam bunyi dan getaran.
Bunyi dan getaran dipengaruhi oleh kebulatan bola dan rol, kebulatan cincin, kekasaran elemen, keadaan sangkaranya dan kelas mutunya. Faktor lain yang mempengaruhi adalah ketelitian pemasangan, kontruksi mesin dan kelonggaran bantalannya.

1.7.3. Bahan Bantalan Gelinding.
Cincin dan elemen gelinding pada umunya terbuat dari baja bantalan khrom karbon tinggi. Baja bantalan dapat memberikan efek stabil pada perlakuan panas. Baja ini dapat memberikan umur panjang dengan keausan yang kecil.
Untuk bantalan yang memerlukan ketahanan khusus terhadap kejutan, dipakai baja paduan karbon rendah yang kemudian diberi perlakuan panas tertentu.

1.7.4. Nomor atau Lambang Pada Bantalan Gelinding.
Dalam praktek, bantalan gelinding standar dipilih dari katalog bantalan. Ukuran utama bantalan gelinding adalah diameter lubang, diameter luar, lebar dan lengkungan sudut. Pada umumnya, diameter lubang diambil sebagai patokan utama.
Nomor bantalan gelinding terdiri atas : nomor dasar dan pelengkap. Nomor dasar menunjukkan lambang ukuran : lebar, diameter luar, diameter lubang dan sudut kontak,  penulisannya bervariasi tergantung produsen bearing, sedangkan nomor pelengkap mencakup lambang sangkar, lambang sekat (sil) bentuk cincin, pemasangan, kelonggaran dan kelas. Jika hal-hal tersebut tidak diperinci maka lambang-lambag di atas tidak dituliskan.

Contoh,  tertera nomor A B C D

A : menyatakan jenis dari bantalan yang ada.
      Jika A berharga :
      0 : maka hal tersebut menunjukkan jenis Angular contact ball bearings, double row.
      1 : maka hal tersebut menunjukkan jenis Self-aligning ball bearing.
      2 : maka menunjukkan jenis spherical roller and spherical roller thrust bearings.
      3 : maka hal tersebut menunjukkan jenis taper roller bearings.
      4 : maka hal tersebut menunjukkan jenis Deep groove ball bearings, double row.
      5 : maka hal tersebut menunjukkan jenis thrust ball bearings.
      6 : maka hal tersebut menunjukkan jenis Deep groove ball bearings, single row.
      7 : maka hal tersebut menunjukkan jenis Angular contact ball bearings, single row.
      8 : maka hal tersebut menunjukkan jenis cylindrical roller thrust bearings.

B : menyatakan lambang diameter luar.
Jika B berharga :
       0 dan 1 menyatakan penggunaan untuk beban yang sangat ringan.
       2 menyatakan penggunaan untuk beban yang ringan.
       3 menyatakan penggunaan untuk beban yang sedang.
       4 menyatakan penggunaan untuk beban yang berat.

C D menyatakan lambang diameter dalam
Untuk bearing yang berdiameter 20 - 500 mm, kalikanlah 2 angka lambang tersebut untuk mendapatkan diameter lubang sesungguhnya dalam mm. Nomor tersebut biasanya bertingkat dengan kenaikan 5 mm tiap tingkatnya.



3 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus
  2. Bearing apakah bisa diservis sendiri tanpa beli baru?

    BalasHapus